Pemkab Pinrang Serahkan DP4 ke KPU Pinrang

Penandatanganan penyerahan DP4 dari Pemerintah Kabupaten kepada Komisi Pemilihan Umum KPU PinrangBupati Pinrang, Aslam Patonangi, pada penyerahan DP4 dari Pemerintah daerah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pinrang, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Pinrang, Untung Pawittoi, diruang Pola Kantor bupati Pinrang, Kamis (7/2), mengatakan bahwa Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilu DP4 merupakan bahan utama bagi KPU Pinrang untuk diproses menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pemilu 2014 mendatang. “DPT merupakan acuan utama bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menggunakan hak pilihnya.”katanya

      Oleh karena itu, lanjut Untung Pawittoi, yang dihadiri para Camat, Lurah/Kades, LSM, Ketua Komisi,  bahwa Pemerintah daerah berupaya mempersiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang lebih akurat yang merupakan perwujudan akuntabilitas,  aktualisasi dari kewajiban dan tanggung jawab moral Pemerintah untuk berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu secara konsisten.

    Ini juga lanjutnya, merupakan bagian dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi (deepening democrasy) serta upaya mewujudkan tata pemerintahan presidensiil yang efektif dalam stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang terjaga secara kondusif. DP4 hal yang penting dan mendasar untuk mendukung suksesnya Pemilu 2014. Dilain pihak, katanya, stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat juga merupakan hal [enting dalam suksesnya Pemilu akan datang.

    DP4 yang diserahkan itu, lanjutnya, bersumber dari data base kependudukan dan catatan sipil (Disduk Capil) Kabupaten Pinrang, yang diintegrasikan dengan hasil perekaman Elektronik KTP (E-KTP) oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemeterian dalam Negeri Dalam Negeri. “Disduk Capil melakukan penyempurnaan/melengkapi data base Kependudukan bertujuan semua tambahan dan pengurangan penduduk akibat terjadinya Lampid (Lahir, meninggal, pindah dan datang) tercatat dalam data base Kependudukan.”

  Sementara Kadis Disduk Capil, Andi Mustia, kepada wartawan mengatakan, acara penyerahan DP4 ini dilangsungkan serentak diseluruh Indonesia yang bertujuan sebagai penyelerasan visi, persepsi dan koordinasi sinergitas antar Pemerintah dengan Pemerintah daerah guna mengoptimalkan bantuan dan fasilitas penyelenggaraan Pemilu 2014.

Penyerahan DP4, lanjutnya, dikemas dalam bentuk CD/DVD dan diatur dan mekanisme penyerahannya adalah Menteri dalam negeri kepada Ketau KPU, Gubernur kepada KPU Provinsi dan Bupati/Walikota kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota.(kas)